Bawaan lahir, Yamaha Jupiter MX sudah mengusung sistem pendingin
radiator yang sangat membantu proses ‘penyejukan’ mesin. Baik cuaca
panas atau saat tunggangan terjebak dalam kemacetan, suhu dapur pacu
tetap terjaga.
Namun dengan kondisi jalanan Ibu Kota dan sekitarnya yang tidak
menentu; kadang mulus dan tak jarang banyak ditemui kubangan, tidak
mustahil bikin kisi-kisi radiator cepat kotor yang ujungnya menghambat
kinerja peranti itu.
“Bahkan ada beberapa tunggangan yang kisi-kisinya rusak/penyok
akibat hantaman kerikil dari jalanan. Ditambah lagi curah hujan beberapa
bulan terakhir, intensitasnya cukup tinggi. Hal ini juga memicu kotoran
maupun kerikil mampir pada peranti itu,” ungkap Adi Riyadi, teknisi
F-16 Motor.
Nah untuk antisipasi hal itu terjadi, ada beberapa produsen yang
menawarkan cover pelindung radiator (PR). Model dan harganya juga
bervariasi, namun fungsi utamanya sama, yakni sebagai pelindung
kisi-kisi.
“Di pasaran ada merek Yamaha, Posh, X-Thrue, ASV dan masih banyak
lagi (gbr.1). Harganya Rp 15–25 ribu. Masing-masing menawarkan kelebihan
dan model yang berbeda-beda. Ada yang dilengkapi kawat ‘strimin’ atau
kawat nyamuk dan ada yang tidak,” ujar Adi.
Pemasangan peranti ini juga gampang, butuh waktu sekitar 5 menit.
Berikut proses pemasangannya yang dipraktikan Herry, mekanik Raja Motor,
Ciledug, pada Jupiter MX tunggangannya.
Langkah awal, pilih salah satu PR yang beredar di pasaran. Contoh;
merek Yamaha, berbahan aluminium dengan lubang ventilasi berbentuk segi
6, tanpa kawat nyamuk. Merek ASV; berbahan seng berlapis kawat nyamuk,
bentuk lubang meniru logo Yamaha.
Merek Posh; berbahan seng berlapis kawat nyamuk dengan lubang segi
enam. Terakhir merek X-Thrue; berbahan seng berlapis kawat nyamuk,
lubang berbentuk segi empat.
Kalau sudah tebus peranti itu, beli juga baut ukuran 10 mm
sebanyak 2 buah beserta ringnya (gbr.2), seharga Rp 1.000. “Baut ini,
nantinya untuk mengikat PR pada kedua baut radiator (atas/bawah) yang
kebetulan ada sisa panjang sekitar 1 cm (gbr.3),” ujar Herry.
Lalu pasang PR pada kedua baut pengikat radiator tersebut dan
dikencangkan pakai kunci pas/ring 10 (gbr.4). Kalau sudah terpasang
(gbr.5), enggak usah takut lagi kerikil menghantam langsung pada
kisi-kisi radiator tunggangan Anda.
Eits tunggu dulu! Meski fungsinya untuk melindungi hantaman
kerikil, jangan asal pilih, lo. Usahakan desain jalur sirkulasi udaranya
yang paling banyak. Pasalnya kalau lubang sirkulasinya sedikit, malah
akan menghambat proses pendinginan mesin.
(motorplus.otomotifnet.com)
Yamaha : Rp. 25 ribu
(F-16 Motor : 021-73446678)
ASV : Rp. 25 ribu
(Raja Motor : 021-7303736)
Posh : Rp. 15 Ribu
(Dodo Racing : 021-73456555)
X-Thrue : Rp. 15 ribu
(Dodo Racing : 021-73456555) |