Selasa, 27 September 2011

KURAS TANGKI

KURAS TANGKI



 Setelah menjalankan perjalanan panjang dan lama seperti mudik, proses kuras tangki menjadi langkah yang bisa dilakukan. Pasalnya kualitas bensin di daerah tau didesa agak meragukan. Kemungkinan tercampur air lebih besar.
Karena itu, kegiatan menguras tangki sangat dianjurkan. Apalagi itu bisa dilakukan sendiri gak pelu ke bengkel.
Langkah pertama, melepas tangki dari rangka. Saat ini perhatikan dudukannya, jangan sampai patah. Setelah itu bensin yang masih ada di tumpahkan atau di tampung pada wadah atau ember yang sudah disediakan.
Setelah bensin terkuras abis maka memasukkan air yang sudah dicampur dengan ditergen dengan kelereng atau batu apung. Fungsi gundu atau batu apung tadi adalah untuk mengelupas endapan lumpur dan kerak yang ada di bagian dalam. Airnya cukup 1/3 ukuran tangki.
Setelah itu keringkan tangki dengan mmbuka tutuo atas dan lubang keran. Jika dirasa masih ada  air tersisa di keran tadi, maka bisa disedot menggunakan suntikan kecil atau yang biasa digunakan untuk tinta printer.
Posisi menjemurnya dengan lubang tangki menghadap kebawah. Proses penjemuran ini bisa memakan waktu sampai 4 jam agar betul-betul kering. Sambil menunggu tangki kering bisa juga membersihkan keran dengan cara menyikatnya menggunakan sikat gigi bekas.
Untuk memastikan sudah tidak ada air lagi bisa dengan meniup udara bertekanan kebagian atas. Jika dilubang keran keluar hawa dingin maka artinya masih ada air yang tersisa.
Jangan pernah mencoba membersihkan dengan cara mengelap sebab bisa saja ada rontokan kain yang tertinggal dan menyebabkan endapan baru. Apalagi menggunakan tissu atau kertas, lebih tidak di rekomndasikan lagi.
Agar tangki awet, proses ini bia dilakukan setaun sekali. adhi

SUBSTITUSI FILTER OLI YAMAHA


UTILITAS
SUBSTITUSI FILTER OLI YAMAHA

Filter oli di motor yamaha keluaran baru bisa saling tukar. Walaupun secara garis besar terbagi menjadi 2 jenis, tapi bisa saling tukar krena dudukan dan ukurannya sama.
Bahan filter oli yamaha baru itu terbagi dua macam. Ada dari kertas halus dan ada yang dari kawat. Yang dari kawat halus, khusus milik yamaha scorpio, sedang yang bahan kertas milik yamaha jupiter MX 135LC, V-ixion, dan vega ZR.
Filter oli scorpio kode partnya 1UY-13440-20 dengan harga Rp.81.500,- sementara punya jupiter MX 135LC berkode 1S7-E3440-00 hanya Rp.21.000,- walaupun lebih mahal baiknya memakai punya scorpio.
Milik scorpio yang dari kawat kalau mau hemat bisa dibersihkan. Caranya direndam benin dan disemprot angin kompresor. Sehingga masa pakai bisa 3 kali lipat lbih lama.
Menurut buku manual, filter scorpio atau jupiter MX direkomendasikan ganti setip 6.000 km. Tapi lantaran punya scorpio kalau mau irit bisa dibersihkan setiap 6000 km,dan bisa dipakai sampai 18000 km. Dengan begitu, harga jadi hampir sama.
Enaknya lagi, fiter scorpio yang dari kawat halus itu mampu menyalurkan oli lebih banyak. Mungkin karena mesin scorpio gede, kapasitas pelumas yang mesti disalurkan juga lebih banyak. Ini menguntungan.
Lebih sip lagi, pakai filter scorpio di MX, V-ixion,dan vega ZR juga dpat bikin suara mesin lebih halus.

CAIRAN PEMBUNUH KARAT

Problem karat di tangki memang mengesalkan. Tapi sekarang sudah ada cairan yang bisa dicampurkan dengan bensin yang salah satu fungsinya membunuh bakteri penyebab karat. Karat itu disebabkan bakteri aeerox, bakteri ini bisa hidup didalam bahan bakar.
Cara menggunakannya tinggal mencampurkan 2 tutup botol cairan ini dengan satu tangki full bensin. Cukup menggunakan 3 kali saja secara berturut-turut. Maka seandainya sudah ada karat akan mati atau tidak berkembang lagi.
Selain fungsi tadi, cairan ini juga menjadi semacam octane booster. Kemampuannya bisa menaikkan oktan sampai 7 angka.
Keunggulan lain lagi yang diyakininya adalah kemampuan cairan ini untuk mengelmusi air. Artinya jika ada kandungan air didalam bensin, otomatis kandungan hidrogen dan oksigennya diuraikan oleh cairan ini.
Untuk setiap botolnya yang berisi 100 ml cairan ini hanya dihargai rp. 30.000.